Agus : Tidak Perlu Lagi Antri di Kantor BPJS Kesehatan Untuk Ubah data

TNews, BIAK  – Sebagai penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan terus berupaya memberikan pelayanan yang mudah, cepat dan setara kepada pesertanya, termasuk bagi salah satu karyawan swasta di Kabupaten Biak Numfor.

Hal ini dirasakan sendiri oleh Andi Agus Salim (36), Ia telah merasakan banyak kemudahan untuk memperoleh kemudahan terdaftar peserta JKN, salah satunya dengan menggunakan Aplikasi Mobile JKN.

“Aplikasi Mobile JKN ini membantu saya dalam mengurus administrasi kepesertaan, saya tidak perlu lagi repot ke kantor BPJS Kesehatan. Program JKN bisa semakin dekat dengan kami para pesertanya melalui aplikasi ini, khususnya bagi saya seorang pekerja yang membutuhkan waktu khusus untuk datang ke kantor BPJS Kesehatan,’’ jelas Agus saat ditemui, Rabu (05/06).

Aplikasi Mobile JKN menyediakan berbagai fitur untuk mempermudah peserta JKN. Aplikasi ini memungkinkan peserta untuk mendaftarkan dan mengubah data kepesertaan tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan.

Melalui Aplikasi Mobile JKN ini juga, berbagai macam informasi bisa diakses dengan hanya menekan/klik saja menu yang ingin kita ketahui, seperti info status kepesertaan, informasi lokasi fasilitas kesehatan, pendaftaran pelayanan kesehatan, info iuran, info virtual account, penambahan peserta, sampai pengaduan layanan JKN.

Selain itu juga ada fitur informasi tentang pendaftaran pelayanan kesehatan seperti konsultasi dokter, jadwal tindakan operasi, info riwayat pelayanan, skrining riwayat kesehatan, informasi ketersediaan tempat tidur dan juga terdapat fitur kartu digital.

“Saya sudah mencoba secara langsung fitur-fitur yang disediakan, salah satunya perubahan data diri saya menjadi sesuai dengan domisili sekarang, fitur I-Care JKN juga mempermudah saya mengecek kembali perawatan apa saja yang pernah saya dapatkan di fasilitas kesehatan,’’ tambahnya.

Sebagai peserta JKN dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) yang iurannya dipotong dari gajinya setiap bulan membuatnya sangat bersyukur, karena ia dan keluarganya telah terlindungi oleh jaminan kesehatan.

“Alhamdulillah saya dan keluarga sudah merasakan manfaat dari hadirnya Program JKN saat berobat di puskesmas maupun rumah sakit, semua pelayanan kesehatan yang saya dapatkan tidak ada perbedaan dengan pasien lain. Mulai dari petugas yang ramah, fasilitas yang menunjang, serta kelengkapan obat-obatan. Saya pribadi sangat  berterima kasih kepada pemerintah dan BPJS Kesehatan atas perhatiannya kepada kami,’’ ujarnya.

Selain itu, BPJS Kesehatan juga menyediakan Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) yaitu kanal layanan administrasi tanpa tatap muka menggunakan WhatsApp. Layanan ini dapat diakses melalui nomor 08118165165.

Melalui PANDAWA, peserta dapat melakukan pendaftaran baru, penambahan anggota peserta, perpindahan jenis kepesertaan, pengaktifan kembali kepesertaan JKN, perubahan data, perubahan fasilitas kesehatan, pengurangan anggota keluarga, dan perubahan kelas rawat bagi peserta yang belum membayar iuran pertama.

BPJS Kesehatan berkomitmen memberikan pelayanan yang memudahkan peserta JKN agar mudah mengakses layanan administrasi kepesertaan JKN.

“Ternyata BPJS Kesehatan memiliki banyak kanal layanan untuk memudahkan peserta mengurus pelayanan JKN. Saya pribadi sangat mengapresiasi dengan pengelolaaan JKN oleh BPJS Kesehatan. Dengan kemudahan akses melalui Aplikasi Mobile JKN dan layanan PANDAWA, BPJS Kesehatan membuktikan bahwa mereka selalu siap melayani kebutuhan kesehatan masyarakat Indonesia dengan optimal,” kata Agus

“Mari kita dukung dan manfaatkan layanan-layanan ini untuk kesehatan yang lebih baik. Sebagai pengelola Jaminan Kesehatan Nasional, BPJS Kesehatan berkomitmen meningkatkan mutu layanan yang mudah, cepat, dan setara,” tutupnya

Reporter : Vhie/RLS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *