Rutin Kunjungi Faskes, BPJS Satu Berikan Solusi Cepat Untuk Keluhan Peserta

TNews, Biak –Transformasi mutu layanan menjadi fokus utama untuk memberikan pelayanan yang mudah, cepat, dan setara untuk setiap peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). BPJS Kesehatan terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu pelayanan JKN. Salah satu cara untuk memberikan kemudahan bagi peserta JKN yang mendapatkan kendala saat mengakses layanan di fasilitas kesehatan yaitu melalui kehadiran Petugas BPJS Kesehatan Siap Membantu (BPJS SATU).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor, Indra Bayu mengatakan kehadiran petugas BPJS SATU ini diharapkan bisa membantu pasien JKN yang tengah mengakses layanan kesehatan di rumah sakit dengan menjawab kebutuhan informasi dan pengaduan. Dengan demikian, diharapkan berbagai permasalahan dan kendala yang sering ditemui oleh peserta JKN di lapangan dapat diberikan solusi cepat, sehingga dapat meningkatkan kepuasan peserta.

“Petugas BPJS SATU selalu bergerak di setiap sudut rumah sakit dan melakukan kunjungan di setiap kamar rawat inap maupun ruang tunggu rawat jalan, dengan rompi bewarna hijau dengan tulisan BPJS SATU di belakang rompi yang dikenakan. Masyarakat bisa meminta informasi, mengajukan pengaduan ataupun memberikan saran terkait JKN. Harapannya BPJS SATU dapat mempermudah peserta dalam mendapatkan pelayanan,” ungkap Bayu, Kamis (27/06).

Bayu menambahkan bahwa BPJS SATU merupakan optimalisasi peran petugas Pemberi Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) BPJS Kesehatan di rumah sakit melalui penguatan pengelolaan pemberian informasi dan penanganan pengaduan yang terintegrasi dengan pengelolaan informasi dan pengaduan rumah sakit.

“Transformasi mutu layanan akan berdampak pada peningkatan kepuasan peserta. Kemudahan akses informasi, kemudahan menyampaikan keluhan, kritik dan saran serta cepat memberikan solusi tentunya akan menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap program JKN,” ujarnya.

Bayu mengungkapkan bahwa pasien yang mengalami kendala dalam pelayanan tidak perlu lagi melapor ke kantor BPJS Kesehatan cukup menghubungi petugas BPJS SATU di rumah sakit. Foto dan nomor telepon juga sudah ditempelkan di area-area yang mudah terlihat yang ada di rumah sakit. Dengan dukungan dari BPJS SATU ini diharapkan pasien dapat memperoleh informasi dan penanganan keluhan secara cepat, tepat dan efektif.

Manuel Rumbarar (34) mengaku sangat terbantu dengan adanya kunjungan dari petugas BPJS SATU

Sementara itu, salah satu pasien JKN yang dikunjungi oleh petugas BPJS SATU yang tengah mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Biak Numfor, Manuel Rumbarar (34) mengaku sangat terbantu dengan adanya kunjungan dari petugas BPJS SATU. Manuel mengaku dengan adanya kunjungan dari petugas BPJS SATU, ia merasa puas karena lebih leluasa bertanya informasi terkait Program JKN, khususnya terkait beberapa prosedur yang masih belum ia pahami.

“Puji Tuhan tadi saya didatangi oleh petugas berompi hijau yang kemudian memperkenalkan dirinya sebagai petugas BPJS SATU. Petugas tersebut menanyakan kendala dalam pelayanan dan memberikan informasi terkait Program JKN. Saya tadi menyanyakan kartu saya yang hilang dan ternyata saya bisa menggunakan KIS Digital yang terdapat di Aplikasi Mobile JKN.  Kunjungan seperti ini yang kami butuhkan karena sangat membantu kami mendapatkan informasi, karena terkadang masih bingung juga terkait alur layanan di rumah sakit,” ucap Manuel.

Ia pun berharap kegiatan BPJS SATU ini dapat dilakukan secara rutin oleh BPJS Kesehatan untuk lebih meningkatkan pelayanan ke masyarakat. Menurutnya, ada banyak masyarakat yang terbantu dengan hadirnya petugas BPJS SATU. Menurut Manuel, masyarakat jadi tidak perlu galau memikirkan biaya berobat karena semua telah dijamin oleh Program JKN.

“Semoga program ini tetap terus ada dan dapat memberikan berbagai kemudahan kedepannya, karena sudah ada banyak orang yang terbantu dengan Program JKN, saya berharap semua kalangan bisa terlindungi Program JKN” ucap Manuel

Reporter : Vhie/RLS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *