Pemda Biak realisasikan 100% anggaran Pilkada ke KPU dan Bawaslu

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Biak Numfor Gunadi, S.Sos,. M.Si

TNews, BIAK – Pemerintah Daerah Kabupaten Biak Numfor terus berkomitmen memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak Tahun 2024 yang akan berlangsung pada 27 November mendatang.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Biak Numfor, Gunadi, S. Sos., M.Si mengatakan, salah satu wujud dukungan pemerintah daerah  terhadap pelaksanaan pemilukada Biak Numfor yaitu melalui bantuan dana hibah kepada pihak penyelenggara pilkada dalam hal ini KPU, Bawaslu dan TNI/Polri.

“Suksesnya penyelenggaraan pilkada di Kabupaten Biak Numfor tidak hanya menjadi tanggung jawab KPU, Bawaslu dan pihak keamanan semata, namun juga tanggung jawab Pemerintah Daerah Kabupaten Biak Numfor,” kata Gunadi saat dikonfirmasi, Senin, (29/7/2024).

Dikatakan bahwa, sesuai dengan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dana hibah pilkada  untuk KPU sebesar Rp.41 Miliar, Bawaslu Rp.13,5 Miliar, Polres Rp.6 Miliar dan Kodim sebesar Rp.2 miliar yang direalisasikan dalam dua tahap, yakni tahap pertama sebesar 40 persen dan tahap kedua 60 persen disesuaikan permintaan masing – masing penyelenggara pilkada.

Gunadi menyebut bahwa, untuk dana hibah pilkada ke KPU dan Bawaslu tahap pertama dan kedua telah direalisasikan 100% sejak 12 Juli 2024 lalu, sementara untuk Polres Biak Numfor baru direalisasikan tahap pertama 40% dan untuk tahap kedua 60% belum direalisasikan menginagat adanya pergantian Kapolres, sehingga masih dalam tahap proses administrasi. Sementara untuk Kodim belum direalisasikan tahap pertama dan kedua karena masih dalam tahap proses administrasi.

“Sesuai amanat undang – undang nomor 10 Tahun 2016, pemerintah daerah berkewajiban mensukseskan Pilkada serentak tahun 2024, khususnya di Kabupaten Biak Numfor,” terang Gunadi

Gunadi menegaskan, bahwa pada dasarnya pemerintah daerah telah siap untuk mensukseskan Pilkada Kabupaten Biak Numfor, baik melalui dukungan data maupun dana dan sisa dana hibah pilkada untuk Polres dan Kodim 1708/BN baru direalisasikan setelah ada pengajuan permintaan dari kedua institusi tersebut.

Gunadi juga berharap dana hibah pikada yang telah disalurkan, dapat digunakan dengan baik untuk menunjang pelaksanaan pilkada, sehingga seluruh tahapan dapat berjalan lancar, aman dan sukses.

Reporter : Vhie 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *