Pelayanan BPJS Kesehatan Sangat Membantu Peserta JKN

TNews, BIAK  – Tak dapat dipungkiri bahwa Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) memberikan dampak yang sangat besar kepada para pesertanya yang sedang membutuhkan jaminan pembayaran atas pelayanan kesehatan yang diterimanya. Dengan adanya Program JKN maka dapat meringankan beban masyarakat yang terutama terhadap beban pembayaran biaya pelayanan kesehatan.

Hal inilah yang dirasakan Frida Ester Rumander (40), salah satu peserta JKN yang tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Biak karena sakit yang dideritanya.

“Awalnya saya dibawa ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) karena merasakan nyeri di perut, setelah melakukan pemeriksaan, terdapat cairan di perut. Saya dirawat disini kurang lebih sudah seminggu, untungnya kondisi saya sekarang sudah jauh lebih baik dari kemarin. Sekarang juga sudah bisa duduk-duduk, kemarin-kemarin hanya bisa terbaring lemas di kasur,” kata Frida saat ditemui, Senin

Frida merupakan peserta JKN dari segmen Pekerja Penerima Upah Penyelenggara Negara (PPU PN) karena dirinya merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan mempunyai hak kelas perawatan kelas satu.

 

Frida juga menambahkan bahwa kondisinya yang cepat membaik ini karena tindakan dari dokter dan perawat di RSUD Biak yang cekatan saat menanganinya.

“Selama mendapatkan perawatan di rumah sakit, saya mendapatkan pelayanan yang sangat baik, mulai dari fasilitas hingga petugas di rumah sakit, tidak ada perbedaan yang diberikan antara pasien BPJS Kesehatan maupun pasien umum lainnya,” ujarnya.

Frida terkesan karena dalam pengobatan ini, ia dan keluarga tidak mengeluarkan biaya sepeserpun. Ia menuturkan bahwa ia tidak berdomisili di Kabupaten Biak Numfor melainkan hanya sedang berlibur dan bertempat tinggal di Sempan, Kabupaten Mimika.

“Saya sebenarnya berdomisili di Kabupaten Mimika, dan saat ini sedang berlibur di Kabupaten Biak, namun tidak ada yang sangka saya jatuh sakit saat berlibur. Saya bersyukur dengan keadaan Fasilitas Kesehatan terdaftar saya di luar wilayah Kabupaten Biak Numfor, saya tetap dilayani dengan baik, mulai dari masuk IGD hingga ruang rawat inap dan mendapatkan hak kelas perawatan yang sesuai,” ungkapnya

Frida mengucapkan terima kasihnya kepada Pemerintah dan BPJS Kesehatan karena telah membantunya mendapatkan jaminan kesehatan.

“Saya bersyukur telah terdaftar sebagai peserta JKN, hanya dengan potongan gaji saya setiap bulannya, semua pelayanan kesehatan saya dapatkan ketika sakit seperti ini sangat membantu. Saya mengucapkan terima kasih banyak telah menghadirkan Program JKN dengan manfaat pelayanan kesehatan yang diberikan. Saya dan keluarga sudah diberikan kemudahan. Kami juga ucapkan terimakasih banyak kepada BPJS Kesehatan yang sudah melaksanakan program JKN ini secara maksimal, dengan perbaikan-perbaikan program yang sudah dijalankan dan kepada rumah sakit yang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada peserta JKN seperti kami,” imbuhnya

 

Pada kesempatan yang sama, Frida mengunduh dan langsung memanfaatkan salah satu fitur pada Aplikasi Mobile JKN yakni Fitur Skrining Riwayat Kesehatan.

“Tadi saya dibantu petugas BPJS Kesehatan melakukan skrining riwayat kesehatan untuk mendeteksi dini risiko penyakit kronis yang akan mengakibatkan keparahan seperti penyakit Diabetes Militus, Hipertensi, Ginjal Kronik dan Jantung Koroner. Setelah menjawab pertanyaan sesuai dengan kondisi saya, hasil yang didapatkan saya beresiko rendah dan dianjurkan untuk berolahraga 30 menit setiap hari,” lanjut Frida.

Frida mengajak Peserta JKN untuk melakukan skrining riwayat kesehatan sebelum hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

“Skrining Riwayat Kesehatan ini dapat membantu kita mendeteksi dari dini penyakit-penyakit kronis, saya berharap peserta JKN yang belum melakukan skrining riwayat kesehatan agar segera melakukan skrining riwayat kesehatan secepatnya, dan tetap menjaga kesehatan,”tandasnya

Reporter : Vhie/RLS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *