250 paket makanan tambahan diberikan kepada bayi dan balita di Distrik Samofa

TNews, BIAK – Sebagai upaya pencegahan stunting, Tim percepatan penanganan stunting Distrik Samofa memberikan makanan tambahan kepada bayi dan balita. Kegiatan yang dilaksanakan melibatkan 14 kelurahan yang ada di Distrik Samofa.

Pencanangan kegiatan dilakukan oleh Plh Sekretaris Daerah Aner Rumakito mewakili Penjabat Bupati Biak Sofia Bonsapia, SH., M.Hum. Kegiatan dihadiri Ketua Kantor Penghubung Yayasan Buddha Tzu Chi Cabang Biak Susanto Pirono yang juga adalah Ketua Tim Percepatan Penanganan Stunting, Pimpinan TNI/Polri, Forkopimda, pimpinan OPD, para kepala kelurahan, kader posyandu dan para relawan Yayasan Buddha Tzu Chi Biak.

Di kesempatan itu, ratusan bayi dan balita mendapat makanan tambahan dan juga paket bingkisan sebanyak 250 paket berupa makanan sehat, susu, bingkisan lainnya.

bayi dan balita di distrik samofa diberikan paket makanan tambahan

Ketua Tim Percepatan Penanganan Stunting Susanto Pirono mengatakan, pemberian makanan tambahan kepada bayi dan balita sangat penting sebagai upaya pemenuhan gizi dan penurunan stunting di Biak Numfor khususnya di Distrik Samofa.

“Kegiatan pemberian makanan tambahan akan dilakukan selama satu bulan dimana dalam seminggu PMT kepada anak – anak dilakukan sebanyak 3x seminggu yakni setiap hari senin, rabu, dan jumat sehingga diharapkan dapat menurunkan angka stunting dengan kolaborasi semua pihak,” kata Susanto saat ditemui disela – sela pemberian makanan tambahan, di Kantor Kelurahan Samofa, Senin (24/6)

Menurutnya, Stunting perlu mendapat perhatian dari berbagai pihak, kepedulian kita dibentuk oleh sinergitas dengan visi yang jelas sehingga memberikan hasil yang nampak bagi anak – anak kita untuk mewujudkan Biak sehat dengan tunas bangsa yang cerdas.

Sebagai Bapak Asuh stunting Kabupaten Biak Numfor yang telah dilantik pada tanggal 6 mei 2024 lalu, Susanto bersama 19 bapak asuh lainnya yang dikukuhkan oleh kepala BKKBN Provinsi Papua terus berupaya melakukan berbagai program dalam mengatasi masalah stunting di Biak.

Dikatakan bahwa, Distrik Samofa merupakan salah satu distrik yang memiliki angka stunting tinggi yakni sebanyak 210 orang anak sehingga untuk mendukung pemerintah daerah dalam upaya percepatan penurunan angka stunting, Yayasan budha tzu chi brsinergi bersama kodim 1708/BN, Distrik Samofa dan pihak lainnya melakukan pemberian makanan tambahan kepada bayi dan balita untuk mewujudkan Biak sehat dengan tunas bangsa yang cerdas.

“Semoga kegiatan ini dapat menginspirasikan dan menggerakkan hati kita untuk saling peduli serta bersama – sama menghadapi persoalan stunting sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah daerah dan kepedulian kita terhadap masyarakat,” ujarnya

Sementara itu, Plh Sekda Aner Rumakito dalam arahannya menyampaikan, kegiatan stunting ini merupakan salah satu program nasional yang dicanangkan di seluruh Indonesia dan ini merupakan tanggung jawab pemerintah daerah.

Dikesempatan yang sama, Aner menyampaikan terima kasih yang sangat besar kepada Ketua Yayasan buddha tzu chi dan seluruh pihak yang telah memperhatikan tetapi juga turut mengambil bagian dalam kegiatan PMT kali ini.

“Kami sangat memberi apresiasi bagi semua yang telah menaruh perhatian dalam program percepatan penurunan stunting lewat pemberian makanan tambahan,” ungkap Aner

Dalam kesempatan ini selain pemberian makanan tambahan, dilakukan juga pengukuran dan penimbangan berat badan anak. Kedepan pemerintah bersama tim percepatan penurunan stunting akan terus berupaya dalam menurunkan angka stunting di Biak lewat berbagai program.

Reporter : Vhie

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *