Plt Sekda buka pelatihan teknis potensi SAR di ketinggian di wilayah Biak

TNews, BIAK – Kantor Pencarian dan Pertolongan Biak mengadakan pelatihan teknis potensi SAR di ketinggian di Kabupaten Biak Numfor yang diikuti sebanyak 50 peserta, di Hotel Asana Biak, Selasa, (09/7)

Pelatihan dibuka langsung oleh Plt Sekda Zacharias L. Mailoa, ST,. MM didampingi oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Biak Kundori, ST., MM.

Plt Sekda saat membuka pelatihan mengatakan, pelatihan ini sangat penting dalam rangka meningkatkan kualitas dan kesiagaan segenap personil, khususnya lagi Kantor SAR Biak dalam menyikapi segala kemungkinan bencana yang dapat terjadi setiap saat di masyarakat di Wilayah Kabupaten Biak Numfor.

Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, lanjut Plt Sekda, Kantor Pencarian dan Pertolongan tidak dapat bekerja sendiri, namun perlu adanya kerjasama dan kolaborasi dengan instansi lainnya dalam mengemban misi kemanusiaan dengan melakukan penyelamatan terhadap korbn yang mengalami situasi darurat.

Pelatihan dibuka langsung oleh Plt Sekda Zacharias L. Mailoa, ST,. MM didampingi oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Biak Kundori, ST., MM.

Dikatakan pula, Pelatihan Potensi Pencarian Dan Pertolongan Di Ketinggian penting untuk menjalin sinergitas dan kerjasama antar instansi yang memiliki peran dalam pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan sehingga apabila ada kejadian darurat yang membutuhkan penanganan pencarian dan pertolongan.

“Kita dapat menyatukan persepsi serta kepahaman baik di tingkat manajerial maupun operasional dilapangan dalam melakukan tindakan – tindakan,” ujarnya

Plt Sekda juga menyampaikan apresiasi atas kesiagaan yang telah dilakukan setiap saat oleh Kantor SAR Biak dalam memberikan pertolongan kepada masyarakat Biak Numfor selama ini.

Sementara itu, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Biak, Kundori, ST., MM dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pelatihan ini sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan personil terhadap bencana dan menjalin komunikasi dan koordinasi sesame penggiat SAR agar tercipta jalinan yang erat sehingga apabila terjadi bencana terdapat satuan pandang sehingga efektif dan efisien dalam melakukan operasi SAR.

“Saya berharap melalui pelatihan ini peserta dapat belajar dan memahami pengetahuan dari instruktur serta dapat menciptakan komunitas sah di Biak, secara khusus dapat membantu tugas – tugas yang diemban oleh kantor SAR sebagai UPT di wilayah Biak Numfor,” pungkasnya

Reporter : Vhie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *