Aplikasi Mobile JKN Berikan Kemudahan bagi Peserta Akses Layanan Kesehatan

Gambar: Whandry salah satu peserta JKN.

TNews, BIAK – Kemajuan teknologi di masa kini merupakan salah satu kunci untuk memudahkan masyarakat dalam beraktivitas. BPJS Kesehatan selaku penyelenggara Program JKN terus mengikuti perkembangan teknologi demi memudahkan para peserta JKN dalam mengakses layanan kesehatan. Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) selalu berupaya agar setiap masyarakat Indonesia terjamin kesehatannya dengan segala inovasinya.

Whandry Sefriani Sarungu (26), seorang guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) asal Kabupaten Biak Numfor yang telah menjadi peserta JKN pada segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) kelas 2, membagikan pengalaman dirinya dalam mengakses layanan administrasi melalui Aplikasi Mobile JKN. Dengan inovasi tersebut, ia merasakan manfaat yang diterimanya selama bergabung menjadi peserta JKN.

“Saya sudah sering mendengar Aplikasi Mobile JKN, namun belum sempat memanfaatkannya. Tadi saya ke kantor cabang BPJS Kesehatan untuk melakukan perubahan data segmen peserta saya yang sebelumnya dibayarkan oleh Pemerintah menjadi tanggungan dari gaji saya. Saya diberitahukan oleh petugas bahwa sudah ada kanal online BPJS Kesehatan yaitu Aplikasi Mobile JKN. Saya diarahkan untuk mengunduh aplikasinya di handphone lalu diberikan arahan untuk melakukan pendaftaran, hingga fitur-fitur apa saja yang bisa saya gunakan pada aplikasi ini,’’ kata Whandry.

Aplikasi Mobile JKN dirancang agar para peserta JKN mendapatkan kemudahan dalam melakukan layanan yang diperlukan, seperti layanan administrasi hingga informasi serta layanan pengaduan. Ia pun langsung memanfaatkan fitur info peserta untuk melihat status kepesertaan milikinya.

“Fitur info peserta ini sangat membantu saya mendapatkan informasi mengenai status kepesertaan saya, sewaktu-waktu jika saya ingin mengubah data lagi, saya tidak perlu lagi jauh-jauh ke kantor BPJS Kesehatan hanya untuk ubah data, semuanya makin mudah mulai dari administrasi hinngga berobat hanya dalam genggaman, tadi juga diinformasikan sudah tidak ada percetakan kartu lagi tapi sudah bisa kita lihat di Aplikasi Mobile JKN, tidak ada yang susah lagi,” ungkapnya

Pada Aplikasi Mobile JKN juga terdapat fitur-fitur lainnya yang dapat memudahkan para peserta JKN dalam mengakses layanan kesehatan, seperti info lokasi fasilitas kesehatan, info riwayat pelayanan, Program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB), penambahan peserta, KIS Digital, konsultasi dokter, perubahan data peserta, pengaduan, info ketersediaan tempat tidur, info jadwal tindakan operasi, info iuran, skrining riwayat kesehatan, dan masih banyak lagi fitur yang tersedia untuk memudahkan peserta JKN dalam mengakses layanan.

Whandry juga memberikan ucapan terima kasihnya akan layanan yang diberikan di kantor cabang BPJS Kesehatan yang cepat, responsif dan informatif.

“Secara pribadi saya juga merasa kagum atas pelayanan yang diberikan petugas di kantor cabang BPJS Kesehatan, mulai dari petugas pengamanan hingga petugas frontliner, saat sampai saya langsung ditanyakan kebutuhan saya, setelah itu diberikan penjelasan untuk kebutuhan saya. Saya juga melihat secara langsung petugas sigap dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang datang,’’ tutup Whandry.

Ia berharap kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan dapat dirasakan untuk seluruh masyarakat Indonesia. Whandry juga mengajak masyarakat yang belum terdaftar Program JKN.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Program JKN yang telah menjamin kesehatan saya dan keluarga selama ini dengan baik, harapan saya kedepannya Program JKN dapat terus konsisten dalam menjamin kesehatan masyarakat Indonesia, terus meningkatkan kualitas layanannya, dan terus berinovasi agar kemudahan-kemudahan yang telah diberikan seperti inovasi Aplikasi Mobile JKN dapat terus bertambah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam mengakses layanan kesehatan. Untuk masyarakat yang belum terdaftar Program JKN, ayo daftar dari sekarang, jangan tunggu sakit dulu,’’ tutup Whandry.*

Peliput: Vhie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *