Aplikasi Mobile JKN dan Pelayanan di RS Berikan Kemudahan Kepada Peserta

Febrian Kilat Titan (35) salah satu pegawai KPPBC Biak sekaligus peserta JKN

TNews, Biak  – BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor mengunjungi Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Cabang (KPPBC) Biak untuk membuka layanan BPJS Keliling, layanan ini sebagai upaya memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengakses administrasi kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Jumat

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor, Indra Bayu menyampaikan kegiatan ini sebagai komitmen memberikan kemudahan akses layanan kepada peserta JKN. BPJS Kesehatan Kantor Cabang Biak Numfor melaksanakan layanan BPJS Keliling agar dapat dimanfaatkan masyarakat untuk memperoleh layanan administrasi kepesertaan.

“Melalui layanan BPJS Keliling, pegawai KPPBC Biak dapat datang langsung bertemu petugas kami untuk memperoleh layanan administrasi seperti pendaftaran peserta baru, perubahan data atau kelas, permohonan informasi dan penyampaian keluhan maupun mengurus administrasi lainnya melalui kanal layanan ini,” ucap Bayu.

Lebih lanjut, Bayu juga mengatakan bahwa melalui layanan BPJS Keliling ini, pihaknya turut memberikan edukasi mengenai manfaat dari Aplikasi Mobile JKN kepada para pegawai yang berkunjung. Diharapkan hadirnya Aplikasi Mobile JKN semakin mempermudah pegawai mangakses pelayanan dari manapun hanya dengan menggunakan smartphone.

“Tidak lupa juga kami mengenalkan kepada para pegawai layanan tanpa tatap muka lainnya seperti BPJS Kesehatan Care Center 165, Chat Asisstan JKN (CHIKA), Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA) 0811165165,’’ ujar Bayu

Bayu mengatakan bahwa kegiatan BPJS Keliling ini merupakan metode yang menjadi salah satu bentuk kolaborasi BPJS Kesehatan dengan berbagai elemen stakeholder di wilayah Kabupaten Biak Numfor. Langkah ini bertujuan untuk memberikan pelayanan administrasi kepesertaan kepada masyarakat yang tidak bisa datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Sementara itu, Febrian Kilat Titan (35) salah satu pegawai KPPBC Biak sekaligus peserta JKN merespon dengan antusias terhadap layanan BPJS Keliling ini karena dapat memudahkan dirinya mendapatkan pelayanan administrasi kepesertaan JKN dan menambah wawasan lebih terkait pelaksanaan Program JKN. BPJS Keliling ini merupakan solusi bagi masyarakat yang ingin mengurus administrasi BPJS Kesehatan.

“Saya ingin mengucapkan banyak terima kasih atas pelayanan BPJS Keliling yang telah diberikan, pelayanan petugas kepada kami sangat ramah dan informatif,’’ ungkap Febrian.

Ia juga mengakui bahwa setelah mencoba beberapa fitur dari Aplikasi Mobile JKN. Dirinya menyampaikan bahwa tampilan yang ada pada aplikasi tersebut sangat mudah untuk dipahami oleh dirinya.

“Tadi saya dibantu oleh petugas untuk mengunduh Aplikasi Mobile JKN hingga dijelaskan fitur-fitur yang dapat di manfaatkan, salah satu fitur yang memudahkan adalah fitur perubahan data. Dulu kita harus jauh-jauh ke kantor BPJS Kesehatan sekarang dengan mudah kita bisa merubah data dari mana saja,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Febrian juga berbagi pengalaman dirinya saat memanfaatkan Program JKN saat proses persalinan istrinya.

“Kurang lebih sekitar 4 tahun yang lalu, istri saya merasakan kontraksi di tengah malam. Saya membawa istri saya langsung ke Unit Gawat Darurat (UGD) dan langsung disambut oleh petugas rumah sakit dengan baik hingga proses persalinan, pasca melahirkan hingga pulang,” jelasnya.

Febri mengungkapkan selama perawatan istrinya, ia merasa sangat senang dan terbantu dengan menjadi peserta Program JKN. Tidak ada perbedaan yang dirasakan antara pasien BPJS Kesehatan maupun peserta Swasta.

“Selama saya mengakses layanan kesehatan saya tidak pernah mendapatkan kendala, petugasnya baik, ramah, cepat tanggap. Saya juga bersyukur telah terdaftar program JKN dari perawatan hingga obat-obatan tidak ada biaya yang saya keluarkan,”syukurnya.

Febrian berharap BPJS Kesehatan terus  memberikan kemudahan bagi peserta JKN dalam mendapatkan layanan administrasi dan mendapatkan layanan di fasilitas kesehatan. Tak lupa ia mengajak masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta JKN agar segera mendaftarkan diri dan keluarga.

Reporter : Vhie/RLS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *