Festival Biak Pintar 2024 Resmi dibuka Plt Sekda Biak

TNews, BIAK – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Biak Numfor menggelar Festival Biak Pintar Tahun 2024 yang dibuka langsung oleh Plt Sekretaris Daerah Biak Numfor Zacharias L. Mailoa, ST.,MM, bertempat di Nirmala Beach Hotel Biak, Kamis (01/8/2024)

Plt Sekda Biak dalam sambutannya mengatakan, Tahun ini adalah tahun kedua penyelenggaraan Festival Biak Pintar dengan mengusung tema “Merayakan Kecerdasan Majemuk” dan subtema “Belajar, Berkarya Tanpa Kekerasan” yang memiliki makna yang sangat penting sebagai implementasi dari merdeka belajar disetiap jenjang pendidikan.

“Saya dan kita semua percaya bahwa pagelaran Festival Biak Pintar menjadi salah satu bagian dari upaya – upaya dalam mendorong meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Biak Numfor,” kata Plt Sekda

Festival Biak Pintar Tahun 2024 dibuka langsung oleh Plt Sekretaris Daerah Biak Numfor Zacharias L. Mailoa, ST.,MM

Mewakili Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek, Nunuk Suryani, dalam kesempatannya secara virtual memberikan apresiasi atas terselenggaranya FBP 2024.

Kata Nunuk, dengan melaksanakan festival maka kita merayakan capaian – capaian yang sudah didapatkan selama ini dalam menerapkan kurikulum merdeka dimana kurikulum merdeka sudah diterapkan menjadi kurikulum nasional hingga festival ini menjadi moment isnpiratif bagi pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, satuan pendidikan, pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lain untuk saling berbagi semangat, menguatkan tekad, dan bersiap untuk melanjutkan gerakan merdeka belajar kedepan.

Nunuk juga menyatakan, mendukung tema yang diusung dalam Festival Biak Pintar yang sejatinya itulah prinsip utama dari kebijakan merdeka belajar dengan memberikan pembelajaran yang berpihak pada murid maka murid menerima pelajaran sesuai dengan kapasitas dann kondisi yang melingkupinya dengan begitu tidak ada lagi komunikasi satu arah melainkan pembelajaran dua arah. “Selamat merayakan prestasi murid dan prestasi guru di FBP,” ucap Nunuk

Sekedar diketahui, Festival Biak Pintar 2024 akan dilaksanakan selama empat hari mulai tanggal 1 – 4 Agustus 2024 dengan berbagai lomba yang dikelompokkan dalam berbagai ekosistem yakni ekosistem prestasi, ekosistem sekolah, ekosistem budaya Biak, ekosistem seni, ekosistem olahraga, dan ekosistem lingkungan dimana dari setiap ekosistem yang dilombakan diikuti oleh para pelajar dari semua jenjang pendidikan.

Adapun peserta yang turut serta diantaranya, Lomba kolase tingkat PAUD sebanyak 91 peserta, lomba dongeng bahasa Biak tingkat SD 30 peserta, lomba baca puisi bahasa Biak tingkat SMP 30 peserta, lomba deklamasi tingkat SD dan SMP 503 peserta, lomba pidato dalam bahasa Inggris, bahasa Indonesia, dan bahasa Biak 127 peserta.

Lomba menulis cerpen tingkat SMA/SMK 16 peserta, lomba adu kompetensi siswa (Aksis) 18 peserta. Selain itu diadakan juga lomba basket, lomba dance, lomba debat bahasa Indonesia dan inggris.

Reporter : Vhie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *