Hari Pelanggan, BPJS Kesehatan bagi Souvenir kepada Peserta JKN

Gambar: Hari Pelanggan, BPJS Kesehatan bagi Souvenir kepada Peserta JKN, (4/9/2024).

TNews, BIAK – Hari Pelanggan Nasional di Indonesia diperingati setiap tanggal 4 September. Hari pelanggan yang diperingati bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelayanan pelanggan dan mendorong perusahaan serta institusi untuk lebih fokus pada kepuasan pelanggan.

Banyak perusahaan, termasuk BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor memberikan souvenir kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasionial (JKN) yang sedang mengakses layanan, Rabu (04/09) kemarin. Upaya tersebut dilakukan sebagai wujud rasa kepedulian kepada pelanggan dengan sepenuh hati.

“Dalam rangka Hari Pelanggan Nasional ini, kami dari BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor ikut berpartisipasi dan berupaya untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada peserta JKN dan masyarakat, dengan ucapan terima kasih kami kepada setiap peserta karena telah mengikuti Program JKN yang dikelola oleh BPJS Kesehatan. Sebagai ungkapan terima kasih kami kepada peserta, kami memberikan souvenir untuk bisa digunakan nantinya sebagai bukti apresiasi kami,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor, Indra Bayu.

Dalam kesempatan ini, Bayu mengimbau agar seluruh peserta JKN dapat memanfaatkan kanal layanan digital yang telah disediakan. Sudah banyak inovasi berbasis teknologi yang dihadirkan BPJS Kesehatan untuk memberikan kemudahan bagi peserta JKN.

Dimulai dari Aplikasi Mobile JKN, Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) hingga BPJS Kesehatan Care Center 165. BPJS Kesehatan juga telah menghadirkan layanan jemput bola melalui BPJS Keliling maupun BPJS Keliling Online.

Salah satu peserta yang datang berkunjung ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor, Alexander Sirus Mansawan (25) merasa senang dan kaget karena dirinya secara tiba-tiba diberikan souvenir. Dirinya sangat mengapresiasi atas upaya yang dilakukan BPJS Kesehatan yang telah memberikan pelayanan yang baik kepada peserta.

“Saya datang ke kantor BPJS Kesehatan ini untuk mendaftar sebagai peserta JKN, awalnya saya bingung saat datang, namun ternyata ketika tiba di kantor langsung disambut baik oleh satpam, kemudian ditanyakan tujuannya mengurus apa. Setelah itu diberikan penjelasan dan arahan untuk informasi yang saya perlukan,” terang Alexander.

Alexander juga menambahkan bahwa petugas frontliner dengan tanggap melayani dirinya, sehingga semua berjalan dengan begitu cepat. Dirinya merasa sangat terbantu dan diarahkan dengan baik sehingga menjadi lebih paham proses administrasinya.

“Petugas frontliner menjelaskan dengan sangat teliti, tadi dijelaskan ada 3 hak kelas yang bisa didaftarkan dan saya memilih hak rawat inap di kelas 2 dengan iuran setiap bulannya sebesar Rp.  100.000 dan bisa dibayarkan setelah 14 hari setelah melakukan pendaftaran. Saya juga diinfokan untuk kartunya bisa diakses di Aplikasi Mobile JKN dan bisa berobat menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP), diakhir layanan juga petugas frontliner memberikan souvenir dan mengajak foto bersama di tempat foto yang telah disediakan,” imbuhnya.

Saat ini, Ia merasa sudah lebih tenang karena sudah terdaftar sebagai peserta JKN, ia mengajak masyarakat untuk segera mendaftar karena sakit itu bisa datang kapan saja, dan dimana saja.

“Terdaftar sebagai peserta JKN bukan harus sakit dulu, sebaiknya kita memiliki jaminan kesehatan lebih awal. Sudah banyak saya melihat manfaat yang dirasakan oleh masyarakat yang telah terdaftar Program JKN. Saya mengajak masyarakat agar segera daftarkan diri menjadi peserta JKN sebelum jatuh sakit,” kata Alexander.

Di akhir pertemuan, Alexander berharap pelayanan yang diberikan terus semakin meningkatkan pelayanan pelanggan ataupun peserta JKN dengan sepenuh hati.

“Terima kasih BPJS Kesehatan atas pelayanannya, saya berharap bukan hanya di Hari Pelanggan Nasional ini saja diberikan pelayanan yang baik, tetapi di hari-hari yang lain juga tetap sama. Semoga BPJS Kesehatan semakin sukses dan meningkatkan pelayanannya kepada peserta JKN dan masyarakat Indonesia,” harap Alexander menutup perbincangan.*

Peliput : Vhie/RLS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *