Lestarikan Budaya Biak, PJ Bupati Biak Buka Snap Mor di Ramdori

snap mor, salah satu rangkaian kegiatan dalam Festival Biak Munara Wampasi 2024 yang dipusatkan di pantai Ramdori Distrik Swandiwe, Kamis (4/7).

TNews, BIAK – Dinas Pariwisata Kabupaten Biak Numfor bersama Warga Jemaat GKI Baitel Ramdori Klasis Biak Barat mengadakan snap mor, salah satu rangkaian kegiatan dalam Festival Biak Munara Wampasi 2024 yang dipusatkan di pantai Ramdori Distrik Swandiwe, Kamis (4/7).

Snap mor merupakan kegiatan menangkap ikan bersama-sama di waktu air surut dengan menggunakan jaring, tombak atau kalawai, dilakukan di area kampung sendiri dan biasanya juga mengundang warga dari kampung yang lain.

Pj Bupati Biak Sofia Bonsapia, SH.,M.Hum saat membuka Snap mor mengatakan, snap mor merupakan kearifan lokal masyarakat Biak yang dilakukan secara turun temurun dan snap mor kali ini menjadi bagian dari Festival Biak Munara Wampasi yang menjadi program tahunan pariwisata Kabupaten Biak Numfor.

“Kegiatan snap mor selain melestarikan budaya lokal Biak juga menjadi momen dalam menjali hubungan kekerabatan dengan sesame untuk menciptakan situasi yang aman di seluruh wilayah jelang pelaksanaan pilkada,” kata Pj Bupati

Dikatakan juga bahwa, kedepannya snap mor juga akan dilakukan di wilayah kepulauan dengan melibatkan seluruh stakeholder terkait baik pusat maupun didaerah.

Pj Bupati Biak Sofia Bonsapia, SH.,M.Hum saat membuka Snap mor

Sejak pukul 08.00 WIT ribuan masyarakat Biak berdatangan di lokasi snap mor pantai Ramdori dengan membawa berbagai perlengkapan alat tangkap ikan seperti jubi, kalawai (alat tangkap ikan tradisional) dan tempat penyimpan ikan.

Sementara itu, Ketua Panitia Snap Mor Jemaat GKI Baitel Ramdori  Derek Kararbo saat dikonfirmasi mengatakan  kegiatan snap mor yang dilaksanakan merupakan tindaklanjut dari hasil keputusan sidang jemaat tahun 2023 untuk meningkatkan ekonomi warga gereja, tetapi juga menopang berbagai kegiatan gerejawi di tengah jemaat dan kampung.

Selain itu juga sebagai upaya untuk membeli satu unit kendaraan roda empat dalam membantu permasalahan ibu – ibu yang setiap hari berjualan di pasar baik di Kabupaten Supiori maupun Biak, tanpa perlu khawatir masalah transportasi.

“Untuk pelaksanan snap mor ini kami sasi sejak bulan Maret dan baru kami buka pada bulan Juli ini, jadi kami percaya bahwa masyarakat yang datang menangkap ikan tidak kecewa karena ikan melimpah,” kata Derek.

Derek Kararbo atas nama warga jemaat GKI Baitel Ramdori dan masyarakat kampung menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, terutama pemerintah daerah Biak Numfor yang telah memberi perhatian kepada jemaat GKI Baitel Ramdori melalui kerjasama dalam melaksanakan Festival Biak Munara Wampasi snap mor.

Hadir pula dalam kegiatan, Plt Sekda Biak Numfor beserta jajaran pejabat eselon II, masyarakat adat, tokoh agama, serta masyarakat setempat ikut serta melaksanakan atraksi budaya snap mor yang diawali dengan doa buka sasi secara gereja.

Jumlah masyarakat yang hadir dalam kegiatan snap mor tersebut diperkirakan mencapai seribu lebih, baik dari Kabupaten Biak Numfor maupun Kabupaten Supiori.

Reporter : Vhie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *