Pelayanan Makin Cepat dengan Hadirnya AMAN JKN

Gambar: Pelayanan Makin Cepat dengan Hadirnya AMAN JKN, (29/8/2024).

TNews, BIAK – BPJS Kesehatan kembali memberikan kemudahan akses layanan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Kali ini melalui penempatan Anjungan Mandiri JKN yang disingkat AMAN JKN.

Layanan ini merupakan penyediaan informasi melalui sebuah perangkat yang ditempatkan di Kantor Cabang BPJS Kesehatan yang dapat digunakan secara mandiri oleh peserta JKN untuk mengakses layanan administrasi kepesertaan JKN dengan mudah.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor, Indra Bayu mengatakan penempatan perangkat AMAN JKN ini merupakan salah satu upaya BPJS Kesehatan dalam memberikan layanan administarsi yang mudah, cepat, dan setara kepada peserta JKN.

Ia menjelaskan bahwa peserta yang hendak melakukan pengecekan status kepesertaan JKN dapat mengakses sendiri perangkat yang telah disediakan ini tanpa harus mengantri di loket pelayanan BPJS Kesehatan.

“Hadirnya AMAN JKN ini pastinya untuk mempermudah peserta JKN. Jadi peserta JKN dapat mengetahui informasi status kepesertaan dengan melakukan pengecekan sendiri melalui perangkat yang sudah disiapkan hanya dengan memasukkan NIK atau nomor kepesertaan JKN,” terang Bayu.

Lebih lanjut, Bayu menjelaskan bahwa layanan ini dibuat untuk mengakomodir peserta JKN yang hanya ingin mengetahui informasi status kepesertaannya JKN nya, namun belum sempat mengunduh Aplikasi Mobile JKN atau belum dapat mengakses layanan administrasi secara online lainnya. Sehinga harus datang ke kantor BPJS Kesehatan untuk mendapatkan layanan adminsitrasi tatap muka secara langsung.

“Sering kali ada peserta JKN yang datang ke kantor BPJS Kesehatan hanya untuk melakukan pengecekan status kepesertaan JKN kemudian harus antri di loket. Namun melalui penyediaan perangkat AMAN JKN ini peserta tidak perlu mengantri di loket, cukup melalui perangkat yang sudah disiapkan sudah bisa memperoleh informasi kepesertaannya,” tambahnya.

Bayu juga menyampaikan layanan yang dapat diakses melalui perangkat ini selain pengecekan status kepesertaan JKN, ada juga fitur untuk melakukan pengecekan iuran kepesertaan hingga perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Ia juga mengatakan cukup banyak peserta yang belum melakukan pembayaran iuran karena tidak mengetahui jumlah dan waktu pembayaran iuran mereka. Sehingga ia berharap dengan tersedianya perangkat AMAN JKN ini dapat menjadi salah satu alternatif akses layanan informasi kepesertaan JKN.

Saat ini perangkat AMAN JKN baru tersedia di Kantor Cabang BPJS Kesehatan, namun Bayu mengatakan masyarakat khususnya peserta JKN tetap dapat mengakes layanan administrasi kepesertaan JKN dengan mudah melalui kanal-kanal online lainnya seperti care center 165, layanan melalui aplikasi Whatsapp, atau dapat mengunduh Aplikasi Mobile JKN melalui handphone masing-masing.

Terlihat sudah beberapa peserta JKN yang memanfaatkan layanan AMAN JKN ini, Muzna Rumatiga (53) salah satu peserta JKN yang merupakan istri dari Pensiunan Tentara yang sudah mencoba mengakses layanan AMAN JKN ini mengaku sangat senang dan terbantu dengan adanya perangkat anjungan mandiri yang telah disiapkan oleh pihak BPJS Kesehatan. Ia tidak perlu lagi mengambil antrian di loket hanya untuk sekedar mengecek status kepesertaan JKN dan perubahan FKTP .

“Awalnya saya datang untuk mengecek status kepesertaan dan mengubah tempat berobat saya, setelah bertemu petugas pengamanan saya dipandu memanfaatkan perangkat AMAN JKN ini. Saya hanya tinggal memasukkan nomor NIK, setelahnya saya sudah bisa mengetahui kepesertaan saya.” ujar Muzna.

Muzna mangatakan dirinya sangat mengapresiasi layanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan, utamanya dengan adanya pengecekan mandiri melalui AMAN JKN yang telah ia gunakan barusan. Ia mengucapkan terima kasihnya kepada BPJS Kesehatan yang telah memberikan berbagai inovasi layanan sehingga dapat mempermudah masyarakat.

“Melalui AMAN JKN saya merasa sangat terbantu, petugasnya juga ramah, ruangannya juga bersih, harum, dingin. Saya sangat berterima kasih atas layanan BPJS Kesehatan yang semakin hari semakin baik,” ujar Muzna.*

Peliput: Vhie/RLS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *