PJ Bupati Biak : FBMW harus dijadikan sebagai media untuk tingkatkan kunjungan pariwisata di Biak

TNews, BIAK  – Penjabat Bupati Biak Numfor Sofia Bonsapia, S.H,. M.Hum Membuka Festival Biak Munara Wampasi (FBMW) Tahun 2024 yang akan berlangsung selama empat hari sejak tanggal 1 – 4 Juli 2024 dengan mengusung Tema “ Membingkai Pesona, Merawat Masa Depan”, bertempat di Pantai Kasumasa Samau Biak

Pj Bupati saat membuka festival mengatakan, Festival Biak Munara Wampasi merupakan event wisata tahunan yang merupakan entry point mengaglomerasi indikator kunci untuk menjadikan Biak Numfor salah satu destinasi utama di Papua.

Dikatakan, dalam Festival Biak Munara Wampasi kata munara identik dengan kata festival yang dimaksudkan sebagai kegiatan yang bersifat perayaan ritual disertai dengan ucapan syukur dan rasa gembira yang lahir dan besar dalam tatanan budaya Biak, bukan dalam pengertian pesta ria yang berimpikasi foya-foya  atau hura hura belaka.

“Penyelenggaraan Festival Biak Munara Wampasi tahun ini harus bersifat inklusif, penciptaan nilai dan berkelanjutan dan secara fungsional harus mampu menghadirkan hilirisasi usaha mikro kecil dan menengah serta revitalisasi kebudayaan biak menjadi pesona yang mampu menjadi salah satu sumber atau instrumen  kesejahteraan dimana semua aktivtas soial, ekonomi dan budaya serta aktivitas lainnya harus bisa dikemas dalam konsep atau mata rantai yang menarik dan menguntungkan secara ekonomi,” terang Pj Bupati

Pj Bupati dalam kesempatannya juga berharap Festival Biak Munara Wampasi harus dijadikan sebagai sarana dan media untuk meningkatkan kunjungan pariwisata di Kabupaten Biak Numfor. Selain itu juga menjadi media terbaik mengapresiasikan status dan nilai budaya Biak dalam konsep dan value yang lebih luas dan berdampak ekonomi dan kesejahteraan.

“Mendorong hilirisasi UMKM serta kreatifitas masyarakat dan penciptaan nilai  bagi pemajuan kebudayaan Biak,” imbuhnya

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Biak Numfor, Turbey O. Dangeubun dalam laporannya mengatakan, festival Biak Munara Wampasi ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wiasatawan, memastikan terjadinya aktivitas ekonomi mulai dari UMKM sampai dnegan sentra IMKM sehingga memastikan ekonomi menjadi kekuatan utama didalam membangun ekonomi di Biak.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Biak Numfor, Turbey O. Dangeubun

“Selain itu juga bertujuan untuk memaksimalkan semua aglomoreasi ekonomi dan aglomerasi pertumbuhan yang ada di sector ekonomi kreatif dan pariwisata,” terang Kadis pariwisata

Diketahui bersama bahwa, rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan dalam FBMW Tahun 2024 diantaranya, Apen Beyeren, Pesona Kuliner Biak, Padaido Tour Island, Parade Word an Yospan, Parade Perahu Dayung Tradisional, Enjoy Biak, Snapmor, dan hiburan rakyat.

Reporter : Vhie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *