Sail Teluk Cendrawasih 2024 Resmi dibuka Plt Sekda Biak

TNews, BIAK – Sail Teluk Cendrawasih (STC) Tahun 2024 resmi dibuka oleh Plt Sekda Kabupaten Biak Numfor, Zacharias L. Mailoa, ST., MM, di Venue Utama STC, Kampung Samau, Kabupaten Biak Numfor, Selasa (08/10)

Sail Teluk Cendrawasih merupakan event berskala nasional di Papua yang tahun ini merupakan kelanjutan dari STC Tahun 2023 yang dihadiri Presiden RI Ir. Joko Widodo.

“Kegiatan Sail Teluk Cenderawasih adalah yang kedua kalinya dilaksanakan di Kabupaten Biak Numfor, dan ini sudah menjadi kalender tahunan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk dilaksanakan selama lima tahun berturut-turut (tahun 2023 – 2028),” kata Pj Bupati Biak dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Plt Sekda Biak.

Dikatakan bahwa, untuk tahun kedua pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih ini akan kembali memperkenalkan potensi bahari, potensi maritim, potensi pariwisata, potensi sosial budaya dan upaya-upaya peningkatan ekonomi kreatif yang dimiliki.

“Kita harapkan melalui Sail Teluk Cendrawasih, budaya, tarian, musik, produk-produk lokal Papua dan potensi kelautan ataupun perikanan dapat diperkenalkan ke level Nasional dan bahkan ke level Internasional atau level global,” ujarnya

Diharapkan melalui even STC dapat meningkatkan kreativitas, inovasi, dan juga keterlibatan masyarakat, keterlibatan UMKM, sehingga masyarakat bisa merasakan manfaatnya dari tindak lanjut setelah event ini berakhir.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Biak Numfor Turbey O. Dangeubun dalam laporannya mengatakan, bahwa Sail Teluk Cendrawasih Tahun 2024 dikemas secara sederhana dengan memperhatikan dinamika politik dan memastikan stabilitas daerah yang saat ini sedang berada dalam tahapan Pemilukada.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Biak Numfor Turbey O. Dangeubun

“Kami berharap bahwa rangkaian semua kegiatan yang dilakukan walaupun dalam lingkup yang terbatas, tetapi mampu memberikan kejutan nilai baru bersifat inklusif dan mengusung prinsip keberlanjutan sehingga berdampak dan bermanfaat bagi hilirisasi kesejahteraan,” jelas Onny

Dikatakan, rangkaian STC 2024 telah berlangsung sejak tanggal 30 September dan akan berakhir pada 10 Oktober 2024. STC tahun 2024 ini juga berimplikasi positif dengan kehadiran 12 kapal Yacht dari 11 negara dengan jumlah 30 orang warga negara asing.

Adapun rangkaian kegiatan STC 2024 yang dilaksanakan, diantaranya; All Sailor Have Arrieved in Biak, Biak Tour, Lunch at the hill, The Culture Night, Sailing Pass, Dive Trips, Cooking Class in Asana Hotel, dan beberapa kegiatan lainnya dengan melibatkan wisatawan asing dan juga masyarakat serta komunitas yang ada di Biak.

Reporter : vhe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *