Tutup Program ITF, Jhon Berharap Peserta Terus Tingkatkan Kompetensi

Gambar: Tutup Program ITF, Jhon Berharap Peserta Terus Tingkatkan Kompetensi, (31/8/2024).

TNews, BIAK – Indonesia Teaching Fellowship (ITF) fase 2 merupakan inisiatif lanjutan yang dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Biak Numfor yang berkomitmen untuk terus meningkatkan kompetensi guru melalui program ITF.

Hal ini disampaikan Gautama Adi Kusuma Selaku Head of Impact and Public Policy and Goverment Relations, Ruangguru saat menghadiri secara during penutupan Indonesia Teaching Fellowship (ITF) Fase 2 yang merupakan program kerjasama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Biak Numfor dan Ruangguru.

Gautama juga menyampaikan selamat kepada 70 peserta yang telah berhasil mengikuti dan menyelesaikan program peningkatan kompetensi guru sejak dibuka pada Mei 2024 hingga Agustus 2024.

“Meskipun ada banyak tantangan maupun kendala yang dihadapi, tetapi semua hambatan itu tampaknya tidak menjadi penghalang untuk kita maju dan berkembang. Saat ini program ITF Fase 2 telah selesai kita laksanakan dengan dampak peningkatan kompetensi para peserta,” ujar Gautama.

Secara keseluruhan, kata Gautama, peserta ITF Biak Numfor Fase 2 mengalami peningkatan nilai uji kompetensi pedagogik sebesar 15,36 poin atau setara dengan peningkatan sebanyak 32 persen sebelum dan setelah menerima pelatihan.

“Hal ini harus kita apresiasi, nilai rata-rata akhir peserta mencapai 63,34 di mana angka tersebut berhasil melampaui rata-rata Uji Kompetensi Guru (UKG) Biak Numfor di Tahun 2019 yaitu 46,71. Selain itu, secara keseluruhan terdapat 84% guru peserta ITF yang berhasil mendapatkan skor Uji Kompetensi Pedagogik (UKP) akhir di atas 45,71. Hal ini meningkat dari kondisi awal sebelum mendapatkan program pelatihan yang hanya 54 persen guru peserta yang mencapai nilai tersebut terdapat peningkatan yang cukup signifikan,” jelasnya.

Ia berharap ilmu yang didapat oleh peserta dapat bermanfaat tidak hanya bagi peserta ITF saja, tetapi juga dapat dibagikan kepada guru lainnya dan memberikan dampak pada para peserta didik.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Biak Numfor, John Sobuber saat mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan terima kasih atas kerjasama yang dibangun bersama Ruangguru dalam rangka peningkatan kompetensi dan kapasitas guru di Kabupaten Biak Numfor.

“Kami berharap kerjasama yang baik ini bisa ditingkatkan lagi sehingga guru – guru yang ada di Kabupaten Biak Numfor dapat menjadi guru yang berkompeten dan berkualitas di bidang masing – masing,” ujar Jhon.

Diakui bahwa, selama empat bulan pelatihan ITF memberikan hasil yang luar biasa dari tahun sebelumnya. Jhon berharap ilmu yang telah didapat selama empat bulan dapat diterapkan di satuan pendidikan masing – masing baik sesame guru maupun diterapkan dalam proses pembelajaran dikelas.

“Ciptakanlah suasana kelas yang menyenangkan sehingga peserta didik dapat memperoleh pembelajaran juga yang baik,” tandasnya.*

Peliput: Vhie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *