Kabupaten Supiori Menerima Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari Wakil Presiden

TNews, SUPIORI –   Pemerintah Kabupaten Supiori menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Awards dari Presiden ISSA, Mohammed Azman didampingi Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti Bertempat di Krakatau Grand Ballroom TMII, Jakarta Timur, Kamis (08/08/2024)

UHC Awards Tahun 2024 dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) KH. Maruf Amin dan mengusung tema Satu Dekade Program JKN-KIS Untuk Negeri sebagai Wujud Nyata Komitmen Daerah dalam Memberikan Perlindungan Kesehatan bagi Masyarakat Indonesia.

UHC merupakan cakupan kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk memastikan minimal 95% dari total jumlah penduduk telah mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu tanpa hambatan finansial, baik dalam pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif.

Kabupaten Supiori termasuk dalam 460 Kabupaten/Kota se-Indonesia bersama 33 Provinsi yang menerima penghargaan UHC Awards 2024. Provinsi Papua Tengah, Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Supiori, Kabupaten Kepulauan Yapen, Kabupaten Waropen, Kabupaten Nabire, Kabupaten Deiyai, Kabupaten Dogiyai, Kabupaten Paniai, dan Kabupaten Intan Jaya merupakan daerah yang berada di bawah wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor.

Per 01 Agustus 2024 seluruh Wilayah Kerja BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor telah mencapai predikat UHC dengan capaian lebih dari 98% penduduk telah terjamin Program JKN. Capaian UHC Pemerintah Kabupaten Supiori merupakan bentuk implementasi pelaksanaan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Dalam arahannya Wakil Presiden RI menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pemerintah daerah yang telah menunjukkan komitmen tinggi dalam mendukung Program JKN. Pencapaian UHC di berbagai daerah ini menunjukkan komitmen negara dalam memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

“Pencapaian ini tidak lepas dari sinergi dan kolaborasi yang solid antara BPJS Kesehatan, kementerian/lembaga, dan seluruh pemerintah daerah. Pemerintah daerah harus mendorong agar setiap penduduk yang berada di wilayahnya terdaftar sebagai peserta aktif dalam Program JKN,” terang Ma’ruf Amin.

Selain itu, Indonesia juga mendapat pengakuan internasional dari International Social Security Association (ISSA). Penghargaan tersebut diserahkan oleh Presiden ISSA, Mohammed Azman, sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilan Indonesia dalam mencapai UHC. Penghargaan ini semakin mengukuhkan posisi Indonesia di kancah global sebagai negara yang serius dalam perlindungan jaminan kesehatan.

“UHC sangat penting untuk memastikan bahwa setiap orang memiliki akses ke layanan kesehatan yang berkualitas, yang sejalan dengan prinsip kami. Dalam mencapai UHC, melibatkan berbagai upaya yang signifikan, seperti menjangkau semua masyarakat, dan memastikan pengelolaan Program JKN dalam rangka keberlanjutan finansial,” ucap Mohammed Azman.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Presiden ISSA, Mohammed Azman didampingi Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Supiori, Dra. Ferra wanggai.

Dalam kesempatan yang sama Ferra menyampaikan Pemerintah Kabupaten Supiori berterimakasih atas apresiasi dari pemerintah pusat terkait komitmen kita dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui program JKN. Ia sangat terkesan terhadap apresiasi yang diberikan baik secara pribadi maupun pemerintah daerah karena merupakan suatu hal yang luar biasa, apa yang menjadi komitmen pemerintah daerah selama ini dapat tercapai.

“Saya pribadi mengucapkan terima kasih kepada pihak BPJS Kesehatan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis dan sejumlah pemangku kepentingan lainnya yang selama ini sudah bekerja secara optimal. Kedepan kita mengharapkan jika ada masyarakat kita yang membutuhkan pelayanan kesehatan, tidak perlu khawatir lagi terkait administrasi maupun biaya yang cukup membawa KTP saja dan biaya yang harus masyarakat,” tutup Ferra.

Saat ini, BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor telah bekerja sama sebanyak 5 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan 1 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) di Kabupaten Supiori.

Reporter :Vhie 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *