Pemda Supiori raih sejumlah penghargaan dari pemerintah pusat

TNews, SUPIORI – “Pemerintah pusat baru merealisasikan dana otsus tahap pertama sebesar 30% atau Rp.29.475.685.100 kepada pemerintah daerah Kabupaten Supiori yang sedianya digunakan untuk membiayai sejumlah program skala prioritas di sejumlah OPD,” kata Aldy

Hal ini diungkapkan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Supiori Aldy, SE. M.Si saat ditemui media di ruang kerjanya di Supiori.

Dikatakan bahwa, Pemerintah Derah Kabupaten Supiori dalam Tahun Anggaran 2024 mendapat bantuan dana otonomi khusus (Otsus) Papua dari Pemerintah Pusat sebesar Rp.98.250.227.000 yang disalurkan secara bertahap berdasarkan indikator sasaran dan target kinerja masing – masing Kabupaten/kota di Papua, dan disesuaikan ketentuan peraturan perundang- undangan yang berlaku.

Menurut Aldy, pihaknya telah menyalurkan semua dana ostus kepada OPD di lingkungan pemerintah daerah sesuai dengan permintaan masing – masing OPD untuk menunjang program dan kegiatan yang telah disepakati bersama.

“Saya berharap dana otsus tahap pertama sebanyak 30% ini dapat digunakan dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan dengan baik pula sehingga mempercepat untuk proses tahap kedua,” harapnya

Terkait penyaluran dana otonomi khusus Papua, Kata Aldy, Kabupaten Supiori mendapat dua penghargaan dari pemerintah pusat melalui Direktur Dana Desa Insentif Otonomi Khusus dan Keistimewaan Kementrian Keuangan RI atas penyampaian dokumen syarat salur otsus tahap 1 Tahun Anggaran 2024 dan penyelesaian dokumen validasi RAP-APBD 2024 tercepat di Wilayah Provinsi Papua.

“Untuk kategori penghargaan pembuatan RAP tercepat mestinya juga diperoleh pemerintah daerah Supiori, tetapi terkendala soal aplikasi, sehingga Kabupaten Kepulauan Yapen lebih mendahului,” ungkapnya

Aldy juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh ASN di Kabupaten Supiori terutama Bupati Supiori Drs. Jan Imbab yang telah mendukung sehingga Kabupaten Supiori dapat meraih penghargaan dari pemerintah pusat melalui Direktur Dana Desa Insentif Otonomi Khusus dan Keistimewaan Kementrian Keuangan RI.

“Semoga sejumlah prestasi yang telah diraih ini dapat kita pertahankan di tahun – tahun mendatang,” ungkap Aldy

Aldy pun berharap dengan adanya pencapaian yang telah diraih menjadi motivasi bagi pimpinan OPD beserta bendahara dan seluruh ASN untuk terus bekerja lebih maksimal lagi demi kemajuan Pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Supiori.

“Kami juga berharap dengan pencapaian yang ada dapat menjadi tolak ukur bagi pemerintah pusat untuk memberikan perhatian lebih terhadap kemajuan pembangunan di Kabupaten Supiori melalui penambahan dana dari berbagai sumber yang ada,” tandas Aldy

Reporter : Vhie 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *