Pemda Supiori realisasikan anggaran Pilkada 100% ke KPU dan Bawaslu Supiori

Kepala BPKAD Kabupaten Supiori, Aldy, SE

TNews, SUPIORI – Pemerintah Daerah Kabupaten Supiori telah menuntaskan pencairan dana hibah kepada pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu Supiori untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 pada Bulan November 2024 mendatang.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Supiori, Aldi, SE mengatakan, bahwa penganggaran dana hibah dalam APBD Pemerintah Daerah Kabupaten Supiori sebagai bentuk komitmen pelaksanaan demokrasi dan untuk mendukung terwujudnya Pilkada yang berintegritas.

“Dana hibah pilkada untuk pihak penyelenggara pilkada telah kami salurkan 100 persen khususnya untuk KPU dan Bawaslu, sementara untuk pihak keamanan, kami baru salurkan sebagian besar, sisanya setelah ada pengajuan permintaan maka kami akan realisasikan untuk kedua institusi tersebut, pada intinya kami siap dukung pilkada supiori 2024,” ujar Kepala BPKAD  Kabupaten Supiori, Aldi, SE saat dikonfirmasi

Dikatakan, rincian dana hibah pilkada untuk KPU Supiori sebesar Rp.19 Miliar lebih dan Bawaslu sebesar Rp.6 Miliar lebih disalurkan secara bertahap yakni tahap pertama 40% dan tahap ke-dua 60%.

Sementara itu, untuk pihak TNI sebesar Rp.1 Miliar lebih baru terealisasi tahap pertama 40% atau sebesar Rp.500 juta, sedangkan pihak kepolisian sebesar Rp. 2 miliar lebih baru terealisasi sebesar Rp.1,3 miliar lebih untuk tahap pertama dan ke-dua, sementara sisa dari dana hibah pilkada untuk  kedua institusi tersebut baru direalisasikan setelah ada permintaan realisasi dari TNI dan Polres kepada pemerintah daerah.

“Sisa dana hibah pilkada untuk pihak TNI dan Polri, masih kami simpan dan jika ada permintaan baru kami realisasikan, karena penyaluran dana hibah ini kami lakukan sesuai aturan dan mekanisme yang berlaku,”ungkap Aldi

Ia juga mengatakan sejauh ini komunikasi antara pemerintah daerah dan pihak penyelenggara Pilkada terkait penggunaan dana hibah Pilkada hingga pembuatan laporan pertanggung jawaban berjalan dengan baik.

“Kami berharap dana hibah pilkada tersebut dapat digunakan dengan baik, untuk membiayai seluruh tahapan pelaksanaan Pilkada, sehingga dapat berjalan lancar, aman dan sukses serta terhindar dari persoalan hukum,” tandas Aldi

Reporter : Vhie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *