Pemda Biak Numfor Raih Penghargaan UHC Award

TNews, BIAK – Pemerintah Kabupaten Biak Numfor menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Awards dari Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) KH. Maruf Amin, bertempat di Krakatau Grand Ballroom TMII, Jakarta Timur, Kamis (8/8/2024) lalu

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Presiden ISSA, Mohammed Azman didampingi Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor, Daud Nataniel Duwiri, SKM, M.Kes mewakili PJ Bupati Biak Numfor, Sofia Bonsapia, SH,. M.Hum.

Per 01 Agustus 2024 seluruh Wilayah Kerja BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor telah mencapai predikat UHC dengan capaian lebih dari 98% penduduk telah terjamin Program JKN.

Capaian UHC Pemerintah Kabupaten Biak Numfor merupakan bentuk implementasi pelaksanaan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Selain itu, Indonesia juga mendapat pengakuan internasional dari International Social Security Association (ISSA). Penghargaan tersebut diserahkan oleh Presiden ISSA, Mohammed Azman, sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilan Indonesia dalam mencapai UHC.

Wakil Presiden RI dalam kesempatannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh pemerintah daerah yang telah menunjukkan komitmen tinggi dalam mendukung Program JKN.

“Pencapaian ini tidak lepas dari sinergi dan kolaborasi yang solid antara BPJS Kesehatan, kementerian/lembaga, dan seluruh pemerintah daerah. Pemerintah daerah harus mendorong agar setiap penduduk yang berada di wilayahnya terdaftar sebagai peserta aktif dalam Program JKN,” ujar Ma’ruf Amin.

Kepala Dinas Kesehatan Biak Numfor Daud N. Duwiri, S.KM., M.Kes mewakili Pj Bupati Biak Terima Penghargaan UHC Award

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Biak Numfor Daud Duwiri, S.KM,. M.Kes menyampaikan terima kasih atas apresiasi dari pemerintah pusat terkait komitmen dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui program JKN.

“Saya pribadi mengucapkan terima kasih kepada pihak BPJS Kesehatan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis dan sejumlah pemangku kepentingan lainnya yang selama ini sudah bekerja secara optimal. Kedepan kami akan terus memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, terkait administrasi maupun biaya saat mengakses layanan kesehatan,” ungkap Daud

Saat ini, BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor telah bekerja sama dengan 153 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang terdiri dari, 21 Puskesmas, 4 Tempat Praktik Mandiri Dokter, 1 Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi, 4 klinik pratama dan 2 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan ( FKRTL) di Kabupaten Biak Numfor.

Reporter : Vhie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *