144 Peserta ikut pelatihan berbasis kompetensi LLK – UKM Biak

TNews, BIAK – Pelatihan Berbasis Komptensi yang digelar oleh UPD LLK-UKM Biak secara resmi dibuka oleh Asisten I Setda Biak Numfor Semuel Rumakeuw, SH mewakili Penjabat Bupati Biak, Sofia Bonsapia, SH.,M.Hum, di Aula LLK-UKM Biak, Senin (13/5)

Pelatihan berbasis kompetensi yang dilaksanakan LLK – UKM bertujuan untuk membekali, meningkatkan dan mengembangkan kompetensi kerja guna meningkatkan kemampuan, produktivitas, dan kesejahteraan para pencari kerja. Selain itu sebagai tambahan ilmu pengetahuan sehingga mampu untuk bersaing dalam dunia kerja sesuai kejuruan masing – masing, dapat menciptakan lapangan kerja secara mandiri, dan meningkatkan ekonomi keluarga untuk menuju kesejahteraan.

Sebanyak 144 peserta dibagi dalam beberapa kelas sesuai dengan kejuruannya masing-masing, adapun pelatihan berbasis kompetensi kejuruan dimaksud antara lain; TIK, Bangunan, Garmen apparel, Listrik, Elektro, Otomotif, dan Las.

“Dari 513 peserta yang mendaftar, hanya 144 peserta yang lolos seleksi dan mengikuti pelatihan berbasis kompetensi yang terbagi dalam 7 kejuruan dimana waktu pelaksanaan pelatihan masing – masing kejuruan berbeda – beda,” terang Kepala LLK – UKM Biak, Yalon Kbarek

Penyematan tanda peserta usai pembukaan pelatihan oleh Asisten I Setda Biak Numfor, Semuel Rumakeuw, SH

Asisten I Setda Biak Numfor, Semuel Rumakeuw, SH saat membuka pelatihan mengatakan, persaingan yang semakin hari semakin besar membutuhkan tenaga kerja yang siap pakai dan benar-benar terampil dibidangnya masing-masing. Untuk itu mau tidak mau, kita harus siap dan terus mempersiapkan berbagai upaya dalam menyiapkan tenaga kerja yang terampil dan siap tampil di pasar kerja, dan salah satunya dilakukan adalah dengan pelatihan berbasis komptensi.

“Kita berharap melalui pelatihan berbasis komptensi ini setidaknya dapat membantu menjawab tuntutan tersebut meski secara kualitas dan kuantitas masih perlu pembinaan lebih lanjut,” ujar Asisten I Setda Biak

Mengingat pentingnya pelatihan berbasis kompotensi melalui sejumlah kejuruan, Semuel berharap agar LLK – UKM Biak kedepan terus meningkatkan perannya menjadi pusat pelatihan keterampilan dan pengembangan wirausaha dengan memperhatikan perkembangan pasar.

“UPTD LLK – UKM Biak harus mampu melakukan penyesuaian setiap program secara cepat sesuai dengan kebutuhan pasar tenaga kerja yang dinamis sehingga menjadi LLK – UKM yang kompetitif,” tandasnya

Reporter : Vhie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *