BPJS Online Hadir Hingga ke Pulau Pasi

TNews, BIAK – Sebagai bentuk peningkatan layanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang memiliki keterbatasan akses dalam mendapatkan informasi dan administrasi kepesertaan, BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor layanan BPJS Keliling Online dan pemberian informasi terbaru seputar Program JKN di Pulau Pasi, Kabupaten Biak Numfor pada hari Senin (20/05).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor, Indra Baru menyampaikan layanan BPJS Keliling Online ini juga merupakan solusi bagi masyarakat yang memang kesulitan dengan jarak dan akses ke kantor BPJS Kesehatan yang jauh. Dengan hadirnya kegiatan ini merupakan sarana agar peserta JKN dapat melaksanakan komunikasi secara tidak langsung dengan petugas BPJS Kesehatan tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan.

“Beberapa daerah di Provinsi Papua, termasuk di daerah Kabupaten Biak Numfor yang beda pulau masih terdapat pulau yang sulit dan bahkan tidak dapat diakses melalui daratan. Maka melalui inovasi BPJS Keliling secara online ini harapannya dapat menjadi jawaban bagi permasalahan sulitnya akses layanan BPJS Keliling secara langsung,” harap Bayu.

Menurut Bayu, layanan yang dihadirkan dalam BPJS Online pada dasarnya sama dengan yang diberikan di kantor cabang, yaitu layanan adminsitrasi, registrasi Aplikasi Mobile JKN, pemberian informasi dan penanganan pengaduan. Bedanya, layanan ini merupakan layanan menggunakan konsep online dengan tujuan untuk meningkatkan layanan kepada peserta JKN.

“Kegiatan BPJS Online ini juga selaras dengan fokus utama BPJS Kesehatan tahun 2024 untuk meningkatan kualitas layanan bagi peserta JKN. Dengan adanya BPJS Online, diharapkan tidak ada lagi peserta JKN yang merasa sulitnya mendapatkan layanan BPJS Kesehatan. Untuk teknis pelaksanaannya, jika peserta JKN maupun peserta yang belum memiliki kartu JKN membutuhkan informasi dan administrasi kepesertaan, maka masyarakat bisa ke Puskesmas Pasi pada saat jadwal pelaksanaan BPJS Online yang telah disepakati untuk bertemu secara online bersama petugas frontliner dari BPJS Kesehatan,” tuturnya.

Selain itu, Bayu menambahkan BPJS Kesehatan juga memberikan kemudahan akses bagi peserta yang ingin mendapatkan pelayanan secara digital lainnya. Adanya inovasi berbasis digital bisa dimanfaatkan peserta untuk mengakses layanan, baik kepesertaan maupun kesehatan.

Adapun layanan tersebut bisa diakses oleh peserta melalui Aplikasi Mobile JKN, Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA), BPJS Kesehatan Care Center 165 hingga website resmi BPJS Kesehatan.

Dilain pihak, Kepala Puskemas Pasi, Kris H Ronsumbre menunjukkan antusiasnya terkait layanan BPJS Online di Pulau Pasi. Menurutnya jarak Pulau Pasi dari Kantor BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor cukup jauh dan banyak masyarakat yang kesulitan akses transportasi, sehingga dengan adanya BPJS Online sangat membantu masyarakatnya.

“Perjalanan dari Pulau Pasi ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor harus menempuh perjalanan laut dan tentunya butuh waktu dan biaya yang tidak sedikit. Saya sangat berterima kasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor atas penyelenggaraan BPJS Keliling Online ini,” ungkap Kris.

Pelaksanaan BPJS Online ini menjadi langkah positif yang dilakukan untuk meningkatkan aksesibilitas, efisiensi, dan kualitas layanan jaminan kesehatan di Indonesia. Oleh karena itu, Kris juga siap membantu baik dari segi sarana maupun prasarana dalam penyelenggaraan BPJS Online.

“Semoga BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor dapat terus memberikan layanan terbaik terutama pada kegiatan BPJS Online yang akan membantu masyarakat di daerah yang memiliki keterbatasan karena jarak yang jauh dan sulit transportasi, kami pun akan berkomitmen untuk memafasilitasi kegiatan BPJS Online dan staf di puskesmas Pasi akan ikut mendampingi peserta dalam proses layanan yang diberikan,” pungkasnya

Reporter : Vhie/RLS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *