Kepsek SMKS YPK 1 Biak, Riana : sekolah bukan hanya mencetak lulusan untuk ke perguruan tinggi tetapi siap bekerja

Kepala sekolah SMKS YPK 1 Pariwisata Biak, Riana Puspita Sarie, S.Pd.,Gr.,M.Pd.,M.Si

TNews, BIAK – Acara perpisahan siswa siswi kelas XII SMKS YPK 1 Pariwisata Biak Tahun Ajaran 2023/2024 berlangsung meriah di Swissbell Hotel Biak, Jumat (10/5)

Meriahnya acara perpisahan pelajar itu, dirangkai dengan penampilan tari – tarian dan penampilan dari siswa siswi sekolah setempat. Juga diisi dengan ibadah bersama yang dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Biak Numfor, Kamaruddin, S.Pd, Kepala Sekolah SMKS YPK 1 Pariwisata Biak Numfor, para peserta didik dan juga orangtua peserta didik.

Kepala sekolah SMKS YPK 1 Pariwisata Biak, Riana Puspita Sarie, S.Pd.,Gr.,M.Pd.,M.Si dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada orangtua wali yang mempercayakan anaknya untuk di didik selama tiga tahun di SMKS YPK 1 Pariwisata Biak.

“Terima kasih atas kerjasama dan support selama tiga tahun ini, dan hari ini kita ada di tempat ini untuk mengikuti acara pelepasan siswa/siswi SMKS YPK 1,” kata Riana

Riana juga mengatakan bahwa, pihaknya bukan hanya mencetak lulusan untuk ke perguruan tinggi saja tetapi lebih difokuskan untuk siap kerja dan juga kompetensi para siswa yang terus dikembangkan.

Kedepannya, lanjut Riana, pihak sekolah akan bekerjasama dengan stakeholder terkait untuk meningkatkan kompetensi dari peserta didiknya agar kedepan mereka siap menghadapi tantangan didunia kerja bahkan mereka dapat membuka lapangan pekerjaan sendiri.

“Hal ini sesuai dengan jargon kami yaitu, SMKS YPK 1 Keren (Karakter, Kreatif, dan Inovatif) jadi karakter mereka kami bentuk, kami didik mereka,” terangnya

Sebagai upaya dari manajemen sekolah, kata Riana, untuk kelulusan dan penjaminan mutu dari lulusan siswa/siswi SMKS YPK 1 Pariwisata, pihak sekolah bekerjasama dengan Dinas Ketenagakerjaan Biak Numfor untuk berkolaborasi meningkatkan mutu lulusannya.

“Semua pohon dilihat dari buahnya, begitu juga sekolah dilihat dari lulusannya, maka kami berharap adanya komunikasi dari orangtua dan pihak sekolah untuk program kami. Jadi apabila siswa/siswi yang belum melanjutkan ke jenjang perkuliahan, mereka bisa meningkatkan kompetensi mereka melalui pelatihan yang ada pada dinas terkait,” tandasnya

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Biak Numfor, Kamaruddin, S.Pd berharap lulusan SMK bisa langsung masuk dalam bursa kerja, mengingat para siswa ini pernah melaksanakan praktek kerja industry (Prakerin).

“Kita juga berharap mereka bisa berwiraswasta, tetapi bagi yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi pun bisa, tetapi saya tekankan bahwa kurikulum SMK itu di desain tamatannya bisa langsung terserap ke bursa kerja,”tandasnya

Reporter : Vhie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *