Tambah Anggota Keluarga Peserta JKN Lewat Genggaman Aja

TNews, BIAK – Dalam era kemajuan teknologi yang kian pesat, Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan memberikan banyak solusi bagi masyarakat dalam mempermudah akses pelayanan kesehatan.

Selain datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan setempat, setiap peserta dapat memanfaatkan fitur pada kanal-kanal layanan online JKN yang tentunya dapat di akses dimanapun dan kapanpun. Hal tersebut di sampaikan oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor, Indra Bayu.

“Salah satu layanan yang banyak di akses yakni layanan penambahan anggota keluarga peserta JKN secara online, layanan ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi peserta dalam megelola data kepesertaan JKN. Peserta hanya perlu mengakses kanal layanan online dan mengisi link yang disediakan melalui layanan Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (Pandawa) di nomor 081118165165, Aplikasi Mobile JKN, dan situs resmi BPJS Kesehatan lainnya,” ujar Bayu

Lebih lanjut, Bayu menjelaskan persyaratan yang dibutuhkan dalam proses penambahan anggota keluarga secara online sangat mudah, peserta mempersiapkan berkas yang diperlukan terkait anggota keluarga yang akan ditambahkan, seperti Kartu Keluarga (KK) dan berkas pendukung lainnya sesuai dengan segmen peserta yang akan dipilih.

“Dengan hadirnya kanal layanan tanpa tatap muka ini, peserta tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk pergi ke kantor cabang dan membawa berkas-berkas fisik untuk mengurus administrasi kepesertaan tanpa kendala apapun,” lanjutnya.

Eni Nuraeni (30) salah satu peserta yang baru saja memanfaatkan kemudahan penambahan anggota keluarga melalui Pandawa. Ia mengaku sangat dipermudah dalam pengurusan administrasinya. Sebelum mengetahui layanan Pandawa, ia harus datang ke Kantor BPJS Kesehatan hanya untuk mengurus administrasi.

“Kemarin saat ingin mengurus penambahan anggota keluarga, saya dijelaskan sama tetangga terkait layanan Pandawa dan langsung di pandu prosesnya. Sebelumnya saya selalu datang ke Kantor BPJS Kesehatan untuk mengurus administrasi kepesertaan saya, namun itu sangat membutuhkan waktu yang lama. Semenjak dikenalkan layanan Pandawa, saya merasa sangat terbantu,” lanjutnya.

Selain itu, Eni juga pernah memanfaatkan sejumlah fitur pada Aplikasi Mobile JKN. Melalui aplikasi pintar ini, dia dapat dengan mudah mengakses informasi terkait riwayat pelayanan, pengaduan layanan JKN, mengubah data pribadi, bahkan bisa melakukan Skrining Riwayat Kesehatan setahun sekali untuk mendeteksi risiko penyakit kronis sejak dini sehingga bisa ditangani lebih cepat.

“Saya sangat terbantu dengan Aplikasi Mobile JKN. Banyak informasi bisa kita dapatkan dalam aplikasi ini. Apalagi saat ini teknologi sudah sangat dekat dengan kehidupan kita sehingga saya bisa dengan mudah menggunakan Aplikasi Mobile JKN tanpa kendala apapun. Saya merasa bahwa layanan BPJS Kesehatan sudah sangat menjawab kebutuhan masyarakat. Hampir semua layanan administrasi dan informasi seputar BPJS Kesehatan ada dalam genggaman saya,” ujar Eni.

Eni berharap BPJS Kesehatan terus mengembangkan inovasi baru dalam pelayanan kesehatan, sehingga kualitas layanan kesehatan semakin meningkat serta kepercayaan masyarakat dan kepuasan peserta pun semakin baik. Ia juga berharap BPJS Kesehatan berkomitmen untuk terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan.

“Saya berharap kedepannya, layanan kesehatan di Indonesia menjadi lebih baik dan dapat dirasakan lebih mudah oleh seluruh masyarakat,” tutup Eni.

Reporter : Vhie

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *