Penjabat Bupati Biak pimpin upacara Hardiknas 2024

Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang dipimpin oleh Penjabat Bupati Biak Numfor Sofia Bonsapia, SH,.M.Hum, berlangsung di Halaman Kantor Bupati Biak Numfor, Kamis (2/5)

TNews, BIAK – Pemerintah Kabupaten Biak Numfor melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang dipimpin oleh Penjabat Bupati Biak Numfor Sofia Bonsapia, SH,.M.Hum, berlangsung di Halaman Kantor Bupati Biak Numfor, Kamis (2/5)

Walaupun diguyur hujan, namun upacara berjalan dengan hikmat diikuti seluruh peserta upacara. Peserta upacara pun hadir dengan menggunakan pakaian adat nusantara.

Hari Pendidikan Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Mei kali ini mengusung tema “Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar”.

PJ Bupati Biak saat membaca amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim mengatakan, menjadi pemimpin dari gerakan Merdeka Belajar semakin menyadarkan kami tentang tantangan dan kesempatan yang kita miliki untuk memajukan pendidikan Indonesia.

“Bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah system yang sangat besar. Bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran. Pada awal perjalanan, kita sadar bahwa membuat perubahan butuh perjuangan. Rasa tidak nyaman menyertai setiap langkah menuju perbaikan dan kemajuan,” kata Pj Bupati saat membaca sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia

Penjabat Bupati Biak Numfor Sofia Bonsapia, SH,.M.Hum (Foto : Humasprobiak)

Kemudian, lanjut Sofia, ketika langkah mulai serempak, dihadapkan dengan tantangan yang tak pernah terbayangkan yakni pandemi. Dampak yang ditimbulkan mengubah proses belajar mengajar dan cara hidup kita secara drastis. Pada saat yang sama, pandemi memberi kesempatan untuk mengakselerasi perubahan.

“Kini, kita sudah mulai merasakan perubahan terjadi di sekitar kita, digerakkan bersama-sama dengan langkah yang serempak dan serentak. Wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia sedang kita bangun bersama dengan gerakan Merdeka Belajar. Kita sudah mendengar lagi anak-anak Indonesia berani bermimpi karena mereka merasa merdeka saat belajar di kelas,” ujarnya.

Menurutnya, Lima tahun bukan waktu yang sebentar untuk menjalankan tugas memimpin gerakan Merdeka Belajar. Namun, lima tahun juga bukan waktu yang lama untuk membuat perubahan yang menyeluruh.

“kita sudah berjalan menuju arah yang benar, tetapi tugas kita belum selesai. Semua yang telah kita jalankan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan. Semua yang sudah kita upayakan harus dilanjutkan sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang kita cita –citakan,” imbuhnya

Dimasa pengabdiannya sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem juga menyampaikan, ini bukanlah titik akhir dari gerakan Merdeka Belajar.
“Dengan penuh harapan, saya titipkan Merdeka Belajar kepada Anda semua, para penggerak perubahan yang tidak mengenal kata menyerah untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan,” pungkasnya

Penjabat Bupati Biak Numfor Sofia Bonsapia, SH,.M.Hum bersama pimpinan OPD Lingkup Pemda Biak Numfor (Foto:Humasprobiak)

Usai pelaksanaan upacara bendera, dilanjutkan dengan penyerahan Kartu Biak Pintar secara simbolis kepada 5 siswa tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK. Selain itu juga dilakukan penandatanganan Mou Junio Smart SMKS YPK I Pariwisata dan BRI Cabang Biak.

Penyerahan penghargaan Ombudsman kepada beberapa OPD dan Puskesmas Biak Kota, Pemberian Makanan tambahan bagi anak Baduta dan Ibu Hamil, serta penyerahan bantuan sosial kepada anak Panti Asuhan dan warga binaan Panti Sosial Biak.

Hadir dalam upacara peringatan Hardiknas 2024 diantaranya, Plt Sekda Biak Numfor, perwakilan TNI/Polri, Forkopimda Biak, sejumlah pimpinan OPD, Guru dan siswa/siswi perwakilan SD, SMP dan SMA/SMK.

Reporter : Vhie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *